Jumat, 18 Oktober 2013



Netbook (baca: bukan notebook) memang murah. Harganya berkisar di 2-3 jutaan, bandingkan dengan notebook yang spesifikasi nya hanya beda sedikit di atasnya bisa mencapai 6-8 jutaan. Ini membuat netbook laris bak kacang goreng.
Tapi netbook punya kelemahan, biasanya tidak disertakan cdrom.
xx2Kalau membeli laptop ini, kita akan kesulitan kalau mau menginstall windows, menginstall software dari cd rom, memutar lagu dari cdrom, memutar film dari cd rom.
Gunakan external cdrom, ramping, mudah dibawa-bawa, mau dipakai ke notebook tinggal tancap usb.
External cdrom juga bisa dipakai untuk memutar lagu dari cd jika mobil tidak ada cd player nya. Misalnya dengan dicolokkan ke usb tv mobil.
Bisa juga untuk memutar cd di televisi yang ada usb portnya. Tau kan? tv “it’s your life” dari Panasonic misalnya.
Notebook lama juga ada yang tidak menyertakan cdrom, dari pada make cdrom besar yang buat pc terlalu ribet, lebih baik pakai external cd rom (cd rom eksternal)  super tipis ini.
Spesifikasi cd rom eksternal: max speed 480 m/s, 24x read (CD-ROM), no external power supply needed, plug n play, support MS-DOS boot, compatible with: CD, VCD, CD-R, CD-RW. Bisa untuk Windows atau Macintosh.
Back up data penting dengan aman dengan DVD RW External
Kalau kamu suka membackup data penting dari komputer atau laptop, cara paling aman adalah membackup ke cdrom, bukan ke usb flashdisk. Karena cdrom tidak bisa ditulisi secara otomatis oleh virus, tanpa diburn manual oleh pemiliknya. Jadi dengan cd rewritable + DVD RW external, back up data jadi aman. DVD RW external bisa dipakai untuk netbook atau notebook yang belum ada cd romnya, burn / play dvd.
Harga external cdrom super tipis Rp 145.000

Categories: ,

0 komentar:

Posting Komentar

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!