Minggu, 26 Januari 2014

Power Supply Komputer

Banyak orang awam yang penasaran ingin tahu apa itu pengertian dan fungsi power supply pada komputer. Power supply adalah perangkas keras pada komputer kebanyakan yang tugasnya memberikan tegangan listrik secara langsung. Tegangan ini nantinya akan disalurkan ke beberapa perangkat keras komputer yang membutuhkan tegangan listik, seperti hardisk, motherboard, dan lain sebagainya.

Selain berfungsi sebagai penyuplai tegangan, power supply juga memiliki peran penting untuk mengatur besar kecilnya voltasi yang masuk ke komputer. Dengan demikian, bisa dibilang power supply adalah jantung dari perangkat komputer itu sendiri. Sayangnya masih sedikit orang yang tahu betapa vitalnya keberadaan power supply ini, utamanya masyarakat di tanah air. Akibatnya, rata-rata umur komputer pribadi (personal computer/PC) di Indonesia terbilang pendek/singkat.

Dan pada kesempatan kali ini, admin Woles Media akan memberikan ulasan khusus mengenai pengertian dan fungsi power supply komputer. Untuk pengertiannya sudah admin katakan tadi, dan sekarang giliran admin menjelaskan apa itu fungsi power supply pada komputer. Berikut ulasannya.

Fungsi Power Supply
Pada dasarnya, perangkat keras komputer yang lebih tepat disebut Power Supply Unit (PSU) ini berfungsi untuk mengubah arus listrik searah (AC) menjadi arus listrik bolak-balik. Kemudian disalurkan menuju ke komponen-komponen yang terdapat di komputer. Dari sini sudah jelas bagaimana peran vital power supply. Oleh sebab itu, keberadaan power supply ini tidak bisa digantikan dengan komponen lain. Istilah puitisnya, power supply selamanya takkan tergantikan. (ciyeee)

Fungsi lainnya yang dimiliki oleh power supply ini adalah sebagai stabilizer atau penstabil aliran arus listrik. Ada 4 jenis fungsi yang berkaitan dengan kestabilan arus listrik pada komputer, yaitu Over Voltage Protection/OVP (melindungi PSU dari tegangan berlebihan), Over Current Protection/OCP (mencegah kerusakan akibat keluar masuknya arus listrik yang tinggi), Over Temperature Protection/OTP, dan Short Sircuit Protection/SSP.

Lalu, bagaimana cara kerja power supply pada komputer? Secara sederhana, power supply bekerja apabila kita menekan tombol power pada CPU, power supply akan mengecek dan mengetes apakah dengan tegangan dan arus listrik sedemikian besar, komputer layak dibiarkan melakukan sistem start atau tidak. Jika layak, power supply akan mengirimkan sinyal khusus menuju ke perangkat motherboard. Cara kerja sederhana seperti ini disebut dengan power good. Untuk cara kerja yang lebih rinci, admin kira terlalu panjang dan rumit, maka bisa dicari lain waktu.

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan mengenai pengertian dan fungsi power supply pada perangkat komputer. Semoga dapat bermanfaat dan Anda bisa lebih paham betapa pentingnya untuk selalu merawat perangkat komputer yang Anda miliki.

0 komentar:

Posting Komentar

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!